Powered By Blogger

Friday, March 21, 2008

information engineering

Information Engineering adalah pendekatan model yang berbasis data. Analisis sensitifitas proses digunakan sebagai teknik untuk merencanakan, menganalisis, dan merancang system informasi. Model IE berupa gambar yang mengilustrasikan dan menyelaraskan data dan proses system.

Model data pada IE disebut dengan entity relationship diagram. Model proses IE menggunakan diagran alir data yang sama dengan yang digunakan pada SA. Kelebihan IE adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan dan menyelaraskan model data dan proses.

IE merupakan pendekatan berbasis data karena IE menekankan pada analisis kebutuhan akan data sebelum kemudian menganalisis kebutuhan proses dan interface. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa data tidak sulit direncanakan dan diatur. Analis system biasanya membuat ERD untuk memodelkan data mentah terlebih dahulu untuk menggambarkan bagaiman data-data dikumpulkan, disimpan, digunakan dan dipelihara.

IE dan SA, keduanya berusaha untuk menyesuaikan model data dengan model proses. Perbedaan keduanya hanya pada model mana yang dibuat pertama kali. IE membuat model data terlebih dahulu, sedangkan SA membuat model proses dulu.

No comments: